Wapres RI Buka Data, Sultra Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

  • Bagikan
Ketgam. Wapres RI bersama rombongan usai peletakkan batu pertama pembangunan kawasan industri PT NIS di Konut. Foto: Istimewa.

KABARANOA.ID: KONUT – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), K.H Ma’ruf Amin, menyambangi Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (19/5/2022).

Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini, guna meletakkan batu pertama kawasan industri PT Nusantara Industri Sejati (NIS), perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan nikel di Motui.

Wapres datang menggunakan helikopter TNI Angkatan Udara. Ia didampingi oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, S.H, Panglima Kodam XIV Hasanuddin, serta Kapolda Sultra.

Sementara itu, Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST. M.Si., IPU., ASEAN. Eng menyambut kedatangan Wapres RI. Rombongan kemudian bertolak ke lokasi pembangunan pabrik.

K.H. Ma’ruf Amin, dalam sambutannya, mengatakan bahwa Allah SWT menganugerahi Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) di setiap jengkal tanahnya, salah satunya Konut di Sultra yang merupakan salah satu penghasil nikel terbesar di Indonesia.

“Saat ini (di Konut-Red) kita berdiri di atas wilayah penghasil nikel terbesar di Indonesia,” kata Wapres.

Wapres membuka data dari Kementerian ESDM bahwa Indonesia adalah negara dengan cadangan nikel mencapai 72 juta ton atau 52% cadangan nikel dunia.

“Sultra merupakan penghasil nikel terbesar di Indonesia. Ini artinya Sultra memegang peranan sangat penting dalam penyediaan bahan baku produk nikel dunia,” terangnya.

Meski demikian, Wapres mengimbau agar dalam pengelolaan SDA jangan dilakukan secara berlebihan, tetapi harus memperhatikan aspek kesinambungan agar pengelolaan tidak hanya dinikmati pada masa sekarang saja.

“Kepada pengelola kawasan industri PT NIS, agar segera menyiapkan daya dukung dan daya tampung dalam kawasan industri, untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing ekspor,” pintanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *