Vaksinasi Konawe Capai 71 Persen, Target dari Pusat Terpenuhi

  • Bagikan
Ketgam: Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memantau kegiatan Vaksinasi.Foto. Kabaranoa.id

PARIWARA

Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, dalam menjalankan program vaksinasi, demi menangkal potensi penularan virus corona terus dilakukan.

Setelah menggelar kegiatan vaksinasi di Kecamatan Pondidaha beberapa waktu lalu, kegiatan serupa juga digelar di Lapangan Haribau, Kecamatan Sampara, Selasa (21/12/2021).

Masyarakat yang diberikan vaksin kali ini yakni mereka yang berasal dari tujuh kecamatan, antara lain Sampara, Bondoala, Morosi, Kapoiala dan Besulutu.

Pemkab Konawe menyiapkan tiga ribu vaksin dari dua ribu orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari pagi hingga sore, dengan pengawalan ketat dari TNI dan Polri.

Ketgam. Pelaksanaan vaksinasi di lapangan Haribau, Kecamatan Sampara. Foto: Istimewa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapa, mengungkapkan bahwa vaksinasi di Kabupaten Konawe saat ini yakni 70,27 persen. Ini sudah mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah pusat yakni 70 persen.

“Hari ini bertambah sekira dua ribu, berarti bertambah sekitar 1 persen, kalau diakumulasikan pemberian vaksin dari awal sudah mencapai 71 persen,” ungkap Ferdinan.

Dijelaskannya, jumlah penduduk Konawe sekira 260 ribu orang, sementara target pemberian vaksinasi berdasarkan kuota yang diberikan pemerintah diangka 199.127 orang.

“Kalau menurut WHO teorinya, 70 persen dari warga itu harus divaksin demi menciptakan kekebalan kelompok,” katanya.

Ketgam: Suasana vaksin di Lapangan bola Latalambe Desa Wonua Mandara Kecamatan Pondidaha.Foto.Kabar Anoa id

Meski telah mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, namun Pemkab Konawe kata Ferdinan, bakal terus menjalankan program vaksinasi agar Covid-19 tak lagi menjadi ancaman di Kabupaten Konawe.

“Kami terus dorong vaksinasi, termasuk juga memberikan pemahaman tentang keamanan vaksin, karena selama ini banyak isu hoax yang beredar,” ucap jenderal ASN Konawe ini.

Kapolda Sultra dan Danrem 143 HO Tinjau Vaksinasi di Wawotobi

Tim percepatan vaksinasi di Konawe terus bekerja, meskipun capaian vaksinasi sudah melampaui target yang telah ditetapkan yakni 70 persen. Setelah Pondidaha, Sampara, kali ini vaksinasi digelar di Lapangan Lasandara, Kecamatan Wawotobi, Rabu (22/12/2021). Sejumlah hadiah menarik pun disiapkan oleh panitia, demi menarik animo masyarakat.

Strategi ini terbukti berhasil memikat masyarakat. Berdasarkan data yang diterima Kabaranoa.id dari panitia, sekira pukul 09.30 Wita, tim sudah menyuntikkan vaksin kepada 536 warga. Kegiatan ini turut disaksikan oleh Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto, Komandan Korem (Danrem) 143 HO (Haluoleo), Brigjen TNI Yufti Senjaya.

Ketgam. Kapolda dan Danrem 143 HO, meninjau vaksinasi di Wawotobi, ditemani Bupati Konawe, KSK. Foto: Iwal Taniapa

Dua pejabat ini terlihat bercengkerama dengan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, terkait jalannya program vaksinasi di seluruh wilayah Konawe. KSK sapaan akrab bupati, yakin vaksinasi mencapai 75 persen sebelum memasuki tahun 2022, lantaran solidnya para petugas medis dengan kerja sama yang baik bersama TNI dan kepolisian.

Sinergitas Pemkab Konawe bersama TNI dan Polri ini, diakui bupati menjadi bahan perbincangannya dengan Kapolda bersama Danrem. Olehnya ia yakin bahwa koordinasi yang baik ini menjadi langkah terbaik untuk meningkatkan capaian vaksinasi.

“Nanti kita pikirkan juga terkait honor tenaga medis untuk dinaikkan juga, jika sudah mencapai 80 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Vaksinasi, Wiwin S.ST, M.Kes, mengungkapkan bahwa masyarakat yang divaksin hari ini berasal dari tujuh kecamatan yakni Wawotobi, Konawe, Wonggeduku Barat, Wonggeduku, Anggaberi, Anggota dan Meluhu.

Wiwin menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi terakhir di Sampara, sudah menembus angka capaian 71,52 persen. Prestasi ini belum termasuk dengan data dari pihak perusahaan swasta seperti kegiatan serupa di PT. VDNI dan OSS.

“Kemudian dengan pelaksanaan kegiatan hari ini, maka kemungkinan telah mencapai angka 73 persen,” pungkas Wiwin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *