Tiga Desa di Kolut Akan Lakukan Pemilihan Antar Waktu Kepala Desa

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolut Patahuddin
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolut Patahuddin

KABARANOA.ID: LASUSUA – Tiga desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan menggelar pemilihan antar waktu kepala desa. Pemilihan digelar karena kekosongan jabatan yang masih menyisakan masa jabatan dari kepala desa sebelumnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolut Patahuddin mengatakan, tiga desa yang akan melakukan pemilihan antar waktu yaitu Desa Tinukari, Desa Pumbolo, dan Desa Watuliu.

“Kalau rencana kami itu November tapi paling lambat Desember. Kami taget supaya di tahun anggaran baru itu sudah selesai,” kata Patahuddin saat ditemui Senin (11/10/2021).

Patahuddin menerangkan, pemilihan nantinya akan diupayakan untuk digelar secara musyawarah mufakat lebih dahulu, seperti diatur dalam Permendagri Nomor 82, jika musyawarah tidak menemui kesepakatan maka dilakukan pemilihan terbatas.

“Semua bentuk pemilihan baiknya dilakukan secara musyawarah dengan tidak mengurangi nilai-nilai aturan yang sudah ada,” ucapnya.

Jika dilakukan pemilihan, tambah Patahuddin, maka yang mempunyai hak pilih hanya sembilan unsur masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh adat hingga perwakilan warga miskin.

Di pemilihan ini juga minimal dua calon dan maksimal hanya 3 calon yang diizinkan. Untuk tahapan lainnya akan ditentukan oleh tim pemilihan yang dibentuk.

Terakhir, untuk proses pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kesiapan masing-masing desa, jika memungkinkan maka akan dilakukan secara bersamaan jika tidak maka dilakukan terpisah.

Untuk diketahui, sisa jabatan kepala desa di tiga desa yang akan melakukan pemilihan antar waktu yaitu Desa Pumbolo sisa 2 tahun, Desa Watuliu sisa 2 tahun, Desa Tinukari masih 6 tahun. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *