Sulwan Abunawas: Perkebunan Koltim Tak Kalah dengan Daerah Lain se-Indonesia

  • Bagikan
Ketgam. Pj. Bupati Koltim, Sulwan Abunawas (Kanan) bersama Kadis Perkebunan dan Hortikultura Koltim Muh. Aras (Kiri) menghadiri Hari Perkebunan dan Hari Rempah Nasional 2021.Foto: Istimewa

KABARANOA.ID: KOLTIM – Pj. Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulwan Abunawas menghadiri peringatan Hari Perkebunan Nasional ke-64 dan peluncuran Hari Rempah Nasional Tahun 2021, di Parapat Danau Toba Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (10/12).

Hari Perkebunan Nasional ini dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Kegiatan bakal berlangsung hingga 12 Desember mendatang.

Sulwan kepada awak media, menceritakan bahwa salah satu yang menarik dalam pembukaan kegiatan ini yakni pelepasan ekspor 25 komoditas perkebunan dan rempah asal Provinsi Sumut, ke 34 negara dengan nilai mencapai Rp207,93 miliar.

Komoditas perkebunan yang diekspor tersebut, antara lain yakni cengkeh, karet, kemiri, kopi biji, sawit, nipah, pinang, dan kelapa.

Negara tujuan ekspor meliputi Malaysia, Chili, China, Jerman, Jepang, Afrika Selatan, Taiwan, Vietnam, Filipina, India, Ukraina, Argentina, Spanyol, US, Korea Selatan, Belanda, Polandia, Thailand, Algeria, UAE, Pakistan, Haiti, Singapura, Mesir, Irak, Banglades dan Odessa.

Melihat langsung kegiatan berskala nasional tersebut, mantan Kadis BPMD Konawe ini, mengaku makin semangat bekerja untuk kemajuan daerah di bidang perkebunan.

Ia pun sempat membandingkan hasil perkebunan dan pertanian daerah lain dengan Koltim. Menurutnya, potensi perkebunan di daerahnya bisa bersaing secara nasional, seperti padi, cengkeh, kakao, dan lain-lain.

“Kalau saya lihat potensi perkebunan dan pertanian di Koltim tak kalah bagus dengan yang ditampilkan daerah lain di acara ini. Olehnya Pemkab Koltim juga bakal meningkatkan kinerja,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *