Sejumlah Nama Calon Pengganti Andi Merya Mencuat

  • Bagikan
Diana Massi perempuan asal partai PDIP ini adalah salah satu kandidat terkuat mengisi kursi 01 di Kabupaten Kolaka Timur

KABARANOA.ID: TIRAWUTA – Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjerat Bupati Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya Nur beberapa waktu lalu, menyebabkan suhu politik daerah kian hangat.

Sejumlah nama muncul di media sosial, demi asa menggantikan Andi Merya di kursi eksekutif tertinggi Koltim. Bahkan tokoh yang sebelumnya meredup dalam perbincangan masyarakat, kini kembali digaungkan pasca OTT.

Partai yang tergabung dalam koalisi Samsul Bersama Merya (SBM) pada Pilkada 2020 lalu, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Demokrat, dan Gerindra, kembali menunjukkan taringnya.

Diana Massi yang diusung PDIP, sejatinya telah mendapat dukungan lebih awal dari Andi Merya untuk mendampinginya, menjadi wakil bupati (Wabup).

Namun kini, istri almarhum bupati Samsul Bahri ini, mendapat perlawanan dari beberapa nama besar yang sudah dikenal dan didukung sebagian masyarakat.

Dalam berbagai forum diskusi facebook, masyarakat terus semangat menampilkan figur andalannya untuk memegang tongkat kepemimpinan kepala daerah Koltim.

Ajib Majid asal partai PAN

Dari Partai Amanat Nasional (PAN), nama yang santer diperbincangkan yakni Ajib Madjid, adik kandung almarhum bupati Samsul Bahri Madjid. Ia dianggap mampu memegang tongkat estafet dari mendiang kakaknya demi pembangunan daerah.

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Ajib, terkait kesiapannya maju di Koltim, tetapi berbagai kegiatan sudah dilakukannya. Terakhir, anggota DPRD Kolaka ini, melakukan pertemuan dengan pemuda di Kedai Rakyat, Lalingato, Kecamatan Tirawuta, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan yang dihadiri awak media ini, Ajib mengajak pemuda untuk terus berkarya, bergerak dan mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim. Ia juga mendorong agar melibatkan orang yang mumpuni dalam berbagai program daerah.

Nama lain yang muncul yakni Muhammad Jabal. Kader Demokrat ini kembali muncul dalam forum diskusi. Apalagi dirinya mengaku telah mendapat restu dari partainya untuk ikut dalam pertarungan.

Muhamad Jabal asal Partai Demokrat

Saat kursi bupati masih diduduki Andi Merya, Jabal kepada awak media mengaku siap mendampingi sebagai Wabup demi meneruskan visi misi SBM, agar roda pemerintahan berjalan lebih baik.

Gerindra juga tak mau ketinggalan. Sekretaris DPD Sultra, Safarullah beberapa waktu lalu, mengatakan tengah menunggu usulan untuk mengisi posisi Wabup Koltim.

Pasca OTT Andi Merya, sejumlah nama dari partai besutan Prabowo Subianto ini, disebut bakal diusung oleh DPC di Koltim, antara lain Wahyu Ade Pratama yang bertarung melawan Tony Herbiansyah tahun 2015, lalu ada mantan Wabup Konsel Arsalim.

“Ada juga Bahtra, Arham Said, dan Muh. Amin. Nama-nama itu, kami tunggu adanya ajuan. Jika sudah klop, akan disampaikan ke DPP,” ungkap Safarullah.

Wahyu Ade Pratama asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Sementara itu, salah satu anggota legislatif Koltim, Andi Musmal kepada awak media mengatakan, saat ini DPRD telah melakukan persiapan matang, dalam penjaringan Wabup Koltim.

Kendala justru datang dari Parpol pengusung, karena belum masuknya usulan nama calon Wabup dari Parpol ke DPRD Koltim. Hal ini menghambat proses yang ada, apalagi saat ini bukan hanya kursi wakil, namun bupati juga sudah kosong.

“Kami di DPRD sudah siap, termasuk soal anggaran juga siap, sisa menunggu saja,” ketus politisi PAN ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *