Sambut Kedatangan Presiden di Ameroro Dengan Tarian Khas Suku Tolaki

  • Bagikan
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Konawe dalam rangka Peresmian Bendungan Ameroro yang terletak di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Selasa (14/5/2024)

KABARANOA.ID:KONAWE, – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Konawe dalam rangka Peresmian Bendungan Ameroro yang terletak di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Selasa (14/5/2024)

Saat tiba di lokasi peresmian Bendungan Ameroro orang no 1 RI tersebut disambut dengan peragaan tarian daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) suku Tolaki yakni tari Mondotambe yang di bawakan oleh sejumlah pelajar SMAN 1 Abuki.

Selain tarian, Jokowi juga dihibur dengan musik bambu yang dipersembahkan oleh 36 siswa/siswi MTSN Konawe dengan menampilkan kurang lebih lima lagu dan salah satunya yakni lagu Tolaki dengan judul Mombakani yang memiliki arti Mengembala.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Konawe Dr. Suriyadi, S.Pd., mengatakan presiden RI Joko Widodo saat tiba di Bendungan Ameroro di sambut oleh 8 penari dari SMAN 1 Abuki dengan menampilkan tarian Mondotambe.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tarian Mondotambe adalah salah satu Seni Tari yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Dimana Arti kata Mondotambe adalah Penjemputan.

“Sedangkan arti menurut definisinya adalah Tari Mondotambe atau disebut tari penjemputan merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kepada para tamu, ” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *