Pj Bupati Konawe Bersama Ketua DPRD Panen Raya Padi di Kecamatan Tongauna

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba SE, MM, bersama Ketua DPRD Konawe, DR. Ardin, dan Kepala Dinas Pertanian, H.Gunawan Samad saat Panen Raya Padi di Desa Mekar Sari Kecamatan Tongauna.Foto:Ist

Kabaranoa.id;Konawe, –Penjabat (Pj) Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba SE, MM, menghadiri sekaligus membuka panen raya padi diareal persawahan Desa Mekar Sari, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis 21 Desember 2023.

Panen raya ditandai dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Penjabat Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba SE, MM, bersama Ketua DPRD Konawe, DR. Ardin, dan Kepala Dinas Pertanian, H.Gunawan Samad.

Pada kesempatan itu, Harmin Ramba, mengatakan bahwa padi yang dipanen hari ini ditanam dilahan sawah seluas 1800 hektar di Kecamatan Tongauna yang meliputi Desa, Ambepulu, Mataiwoi, Tongauna, Mekarsari, Sendang Mulya sari, dan desa Puosu.

Dikatakan, tujuan kegiatan panen raya ini adalah membantu program pemerintah dalam menuju swasembada pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan Daerah maupun nasional.

“Bagi kami ini menjadi angin segar bagi Kabupaten Konawe, terutama dalam situasi menghadapi kekeringan (El Nino), ancaman krisis pangan global, serta gejolak inflasi,” ucap Harmin Ramba.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian H.Gunawan Samad, SP. M.Si, mengungkapkan, ditengah ketidakpastian global yang terjadi saat ini, ketahanan pangan perlu dibangun secara kuat dan terintegrasi.

“Ketahanan pangan yang baik adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi masyarakat sampai dengan perseorangan baik dari segi jumlah, mutu, gizi, keragaman, dan keterjangkauan,” ungkapnya

Ia menambahkan, selain untuk mendukung ketersediaan dan peningkatan kesejahteraan petani, Pemerintah Kabupaten Konawe dalam hal ini Dinas Pertanian telah memberikan kebutuhan para Petani di kabupaten Konawe,

“Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Petani di kecamatan Tongauna bisa memanen Padi Dengan cukup memuaskan dengan hasil panen kurang lebih Tujuh sampai delapan ton Per Ha,” ucap Gunawan

Sementara, Ketua kelompok tani, I made Mirta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah kabupaten Konawe dan Dinas Pertanian yang telah memberikan dukungan terhadap para petani di Konawe.

“Panen hari adalah bukti nyata Kepedulian Pemerintah Daerah dan Dinas Pertanian yang telah membantu menyediakan berbagai macam kebutuhan petani khususnya di desa mekar Sari ini,” tandasnya.

Laporan: Redaksi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *