Pesan Ketua TP-PKK Konawe, Wujudkan Keluarga Berkualitas hingga Bantu Penanggulangan Covid-19

  • Bagikan
Ketgam: Ketua TP-PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutan.(Foto: Iwal/KA I.D)

KABARANOA.ID: KONAWE – Sebanyak 14 Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), tingkat kecamatan, dilantik di pendopo Kantor Bupati Konawe, Selasa (15/2/2022).

Mereka yakni Ketua TP-PKK Kecamatan Soropia, Sampara, Lalunggasumeeto, Besulutu, Amonggedo, Meluhu, Pondidaha, Wawotobi, Asinua, Unaaha, Onembute, Uepai, Abuki, dan Tongauna.

Titin Nurbaya Kery Saiful Konggoasa selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Konawe, dalam pidatonya usai pelantikan, berharap agar seluruh kader tahu, mau, dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

“Kualitas ini yakni dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup,” terangnya.

Ketgam: Sebanyak 14 Ketua Tim Penggerak TP – PKK), Kecamatan, usai dilantik di pendopo Kantor Bupati Konawe.(Foto: Iwal/KA.ID)

Lanjut Titin, seluruh kader menjadi perpanjangan tangan PKK hingga ke tingkat dasa wisma yang selama ini telah menunjukkan kiprah dan keberhasilannya, dalam pembangunan keluarga di Konawe.

10 program pokok PKK terbukti mampu membantu para perempuan untuk beradaptasi dengan situasi pandemi, utamanya dalam pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat, serta pemanfaatan lahan pekarangan.

Berbagai isu terkait perempuan dan anak, edukasi pencegahan perkawinan usia anak, stunting, kasus kekerasan, dan upaya penguatan ekonomi keluarga perlu dikelola secara khusus.

Ketua TP-PKK yang dilantik, juga diharapkan mampu mengarahkan seluruh kader yang tersebar di desa dan kelurahan, agar mampu menjadikan setiap perempuan di level desa hingga dasa wisma, semakin tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

“Apalagi situasi pandemi ini, berakibat pada terpusatnya berbagai kegiatan di dalam rumah, semakin menambah beban dan tanggung jawab perempuan dalam rumah tangga,” katanya.

Kondisi ini tentu berpengaruh terhadap kesehatan mental dan emosional perempuan, meningkatnya stres dan kecemasan dalam pengasuhan anak, dan lain sebagainya.

Ini menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi tim penggerak PKK, untuk memetakan dan memahami akar permasalahan tersebut, sehingga dapat memunculkan berbagai solusi yang mampu mengurai permasalahan tersebut.

Ia juga mengarahkan para ketua TP-PKK, agar mengaktifkan berbagai program gotong royong, serta mengajak warga agar turut andil dalam mengawasi dan melaporkan, jika terdapat kasus positif Covid-19 di lingkungannya.

“Teruslah mengedukasi masyarakat di wilayah saudara untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengampanyekan gerakan 5 m, dan vaksinasi,” ucapnya.

Ketgam: Suasana diacara pelantikan Ketua TP-PKK tingkat Kecamatan.(Foto: Iwal/KA.ID)

Program kerja yang dibuat di tingkat kecamatan, diharapkan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, apalagi dengan banyaknya tantangan kompleks daerah.

Seluruh ketua, pengurus, dan kader PKK harus bersinergi dengan berbagai organisasi perempuan lainnya, dalam rangka mengurangi berbagai permasalahan yang dihadapi para perempuan masa kini.

Titin optimis, langkah beriringan antara pemerintah, organisasi masyarakat, serta berbagai elemen masyarakat, maka terwujudnya kabupaten konawe gemilang yang berdaya saing, maju, dan sejahtera tidak akan menjadi angan-angan semata

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga pelantikan hari ini dapat menambah semangat saudara dalam membangun bangsa, melalui pemberdayaan keluarga dan pembangunan SDM di wilayah masing-masing,” tutup Titin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *