Perpustakaan Keliling Sasar Murid hingga ke Pelosok Kabupaten Konut

  • Bagikan

KABARANOA.ID:KONAWE, – Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Konut menghadirkan layanan tersebut dengan semangat untuk menggapai tingkat sekolah dasar (SD) di setiap sudut kabupaten.

Ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) untuk mempromosikan literasi dan cinta akan membaca melalui layanan perpustakaan keliling.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan Konut, Djunaedi, kepada awak media, Senin (12/2/2024), mengatakan, layanan perpustakaan keliling adalah inisiatif yang membantu meminimalkan kesenjangan akses terhadap bahan bacaan di berbagai wilayah di Kabupaten Konut dengan sasaran siswa SD/MI dan Mts atau SMP.

Foto:Istimewa

Tak hanya berfokus pada pusat kota, layanan ini bertujuan untuk memastikan bahwa sekolah di pedesaan dan wilayah terpencil juga memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati buku, majalah, dan literatur lainnya,” kata Djunaedi.

Pria yang masih menjabat Sekretaris Dinas Perpustakaan ini menyebutkan, dalam awal tahun 2024, Dinas Perpustakaan Kabupaten Konut telah melaksanakan jadwal rutin perpustakaan keliling yang mencakup berbagai sekolah dasar di wilayah kabupaten.

Foto:Istimewa

“Saat ini ada tujuh sekolah yang kami kunjungi di Konut, diutamakan yang punya putra dan putri yang masih sekolah. Khususnya anak-anak, karena ini dalam rangka meningkatkan minat baca sejak dini,” jelasnya.

Ia menjelaskan program perpustakaan keliling menjadi harapan bagi siapapun untuk mengembangkan dirinya serta menjadi cerdas melalui buku.

“Program ini bergerak sudah lama. 2024 ini berjalan kembali sejak januari dengan setiap bulannya akan diperbaharui koleksi buku sebanyak 100 buku pada masing-masing lembaga,” tuturnya.

Ia menambahkan saat ini sistem perpustakaan keliling dengan metode “drop book”. Dinas Perpustakaan Konut akan menyalurkan buku yang akan diperbaharui koleksi bukunya selepas satu bulan disalurkan. Jenis koleksi buku yang disalurkan juga menyesuaikan dengan minat dan latar belakang anak-anak.

“Penyaluran buku per bulannya dibagikan pada setiap pekan pertama dan kedua. Harapannya koleksi buku ini dapat membuka akses bagi anak sekolah agar siapapun dapat membaca buku dimana pun mereka berada,” tutupnya. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *