Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Bupati Konawe Dorong Peningkatan Nilai Agama Islam

  • Bagikan
Ketgam. Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendopo Kantor Bupati Konawe. Foto: Istimewa

KABARANOA.ID: KONAWE – Kesibukan terpantau di Pendopo Kantor Bupati Konawe pagi ini Senin (15/11/2021). Panggung formal tampak terhias dengan nuansa keislamannya.

Ramai-ramai para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Kejari, TNI hingga Polri, menyambangi lokasi kegiatan. Semuanya kompak duduk melantai diatas karpet yang sudah disiapkan.

Kegiatan ini rupanya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah/2021 Masehi. Peserta tenang mendengarkan lantunan selawat dan tadarus Al-Qur’an.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 2 Sekretariat Daerah (Setda) Konawe, Taharuddin Saranani, mengungkapkan bahwa peringatan hari-hari besar keagaaman seperti ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya.

“Hal itu mencerminkan ketaatan kita kepada agama, ketaatan ini juga merupakan sebagian dari kepribadian kita,” ucapnya.

Mengukur ketaatan kata bupati, bukan dengan meriahnya hari besar keagamaan, melainkan dengan iman dan amal kita, baik kepada Allah maupun kepada kesatuan masyarakat.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad ini, mengandung makna strategis dalam menata kehidupan, membangun pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa ini agar selalu berlandaskan nilai-nilai keagamaan.

“Tentunya kita semua dapat mendorong masyarakat agar memiliki moral baik yang nampak dalam tingkah laku keseharian, sehingga bermanfaat bagi sesama,” terangnya.

Dijelaskan bupati, Rasulullah SAW dalam hadisnya, diutus untuk menyempurnakan akhlak. Maknanya jelas bahwa setiap muslim harus menjadikan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam beribadah dan berinteraksi kepada sesama manusia.

Berdasarkan sejarah kehidupan Rasulullah, telah membuktikan keberhasilannya dalam menegakkan kebenaran dan keadilan, memberantas kemaksiatan, serta membangun dalam berbagai bidang, baik politik, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, serta bidang lainnya, menuju negara adil makmur.

“Olehnya saya mengajak kepada kita semua agar memahami dan menghayati dorongan batin dan landasan moral yang menyemangati dan mewarnai kehidupan Rasulullah, sehingga tercapai kesejahteraan lahir batin, dunia dan akhirat,” tutup bupati

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *