Pengawas TPS di Kecamatan Tongauna Resmi Dilantik

  • Bagikan
Suasana pelantikan PTPS Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe Foto:Red

Kabaranoa.id:Konawe, – Panwaslu Kecamatan Tongauna, resmi melantik 33 Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau PTPS, di Balai pertemuan Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 22 Januari 2024.

Pelantikan dipimpin Ketua Panwascam Tongauna Asruddin didampingi Erwan Kordiv HP2H, Nasrudin kordiv P3S, ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji serta penandatanganan fakta integritas.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembekalan pengawasan dan simulasi aplikasi Sistim Pengawas Pemilu (Siwaslu) dengan mengusung tema ” Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Tongauna Asruddin menekankan kepada Pengawas TPS untuk bekerja maksimal dalam mengawasi dan mengawal jalannya pemilu pada Pebruari mendatang. Ia juga mengharap PTPS menjaga integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

“Saya harap bagi PTPS yang baru saja dilantik jalankan amanah dan tanggung yang diberikan dengan sebaik-baiknya, mari kawal agar dalam pemilihan nanti tidak ada kecurangan,” ujar Asrudin.

Dikatakan, ada beberapa poin penting yang harus dijalankan penyelenggara diantaranya, mengawasi dan mencegah terjadinya kecurangan, memastikan pemilih menggunakan hak suaranya dengan bebas.

“Memastikan tidak adanya tekanan dari pihak manapun, meningkatkan pengertian publik pemilu, dan mengoptimalkan partisipasi masyarakat terhadap pemilu jujur dan adil,” ungkap Asrudin.

Untuk mewujudkan kondusfitas di lapangan, para Pengawas TPS dilarang merangkap ketua tim pemenangan calon, baik itu Pilpres, DPD, DPRI,DPR Provinsi ataupun DPRD Kabupaten.

“Lakukan pengawasan sebaik-baiknya dan selalu menjaga kekompakan antar penyelenggara, agar pemilu kita harapkan berjalan sukses,” tandas Asrudin

Kegiatan ini juga turut dihadiri, Sekcam Tongauna, Kapolsek Tongauna, Babinsa, Kepala Sekretariat Panwaslu, Ketua PPK, dan 33 PTPS.

Laporan:Redaksi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *