Mengenal Program Pelayanan Kesehatan Koltim Sejahtera, Kebijakan Jemput Bola Ala Sulwan Aboenawas

  • Bagikan
Ketgam. Pj. Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas saat menjelaskan Program Pelayanan Kesehatan Koltim Sejahtera. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

KABARANOA.ID: KOLTIM – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si, membuka kegiatan Pelayanan Kesehatan Koltim Sejahtera di depan gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Kecamatan Loea, Senin (10/1/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Koltim, Hj. Yosin Sulwan Aboenawas, S.KM., M.Kes, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda), La Ode Ishak, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta unsur TNI dan Polri.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar Kecamatan Loea. Sejak pagi hari sekira pukul 08.00 Wita, ratusan orang sudah memadati pelataran gedung Puskesmas.

Ketgam. Masyarakat sudah duduk rapi menyambut kedatangan Pj. Bupati Koltim. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

Masyarakat berlomba mengikuti kegiatan ini, mereka rela meninggalkan rutinitas sehari-hari, antara lain berdagang, bertani, dan aktivitas mencari nafkah lainnya.

Pelayanan Kesehatan Koltim Sejahtera ini, menjawab harapan bagi warga yang menantikan adanya pelayanan kesehatan ekstra dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim.

Selain itu, pantauan Kabaranoa.id, kegiatan ini juga dihadiri sejumlah anak laki-laki. Mereka duduk rapi didampingi orang tuanya masing-masing, sebagai salah satu penerima pelayanan yakni sunat massal.

Ketgam. Ketua TP PKK Koltim, menyerahkan hadiah kepada anak-anak peserta sunat massal. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

Pj. Bupati, Sulwan Aboenawas dalam sambutannya, menjelaskan bahwa Pelayanan Kesehatan Koltim Sejahtera ini merupakan salah satu inovasi oleh Pemkab Koltim yang bertujuan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan adanya program ini kata Pj. bupati, masyarakat tentu dengan mudah mendapatkan pelayanan, sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan yang optimal, menuju masyarakat sehat sejahtera.

Dikatakannya, sejak musim pandemi Covid-19 hingga saat ini, seluruh elemen masyarakat masih harus menghadapi varian baru omicron, sehingga semua patut tetap waspada, untuk menjaga dan mendukung upaya-upaya pemerintah, dalam mencegah dan menurunkan kasus positif Covid-19.

Olehnya, masyarakat diimbau agar selalu memperkuat tiga pilar utama dalam menekan pandemi, yakni menerapkan protokol kesehatan, 3T (testing, traching dan treatmen) dan vaksinasi Covid-19.

Mantan Kadis DPMD Konawe ini pun menjabarkan capaian vaksinasi Covid-19 Koltim pertanggal 8 Januari 2022. Pertama, cakupan dosis pertama mencapai angka 68.347 atau 71,84 persen dan dosis kedua 29,038 atau 30,52 persen.

“Ini menunjukan bukti kerja keras secara bersama-sama antara pemerintah, TNI dan Polri serta masyarakat yang perlu terus kita dukung, sehingga masyarakat semua mendapatkan vaksinasi Covid-19, menuju herd imunity atau kekebalan tubuh bagi semuanya,” ucap Sulwan.

Secara spesifik, ia pun menjelaskan bahwa kegiatan hari ini mencakup seluruh pelayanan kesehatan bagi masyarakat, antara lain vaksinasi Covid-19, pemeriksaan kesehatan seperti cek kolestrol, sunat massal, serta penyuluhan atau konseling kesehatan lainnya.

Tak hanya pelayanan kesehatan, Pemkab Koltim juga membagikan tiga alat kesehatan. Pertama, dalam rangka penguatan intervensi stunting, berupa penyediaan alat antropometri sebanyak 10 paket, masing-masing terdiri dari timbangan, alat ukur tinggi/panjang badan, pita pengukur lingkar lengan, serta tas perlengkapan antropometri.

Ketgam. Penyerahan alat kesehatan kepada pihak Puskesmas Loea. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

Alat kesehatan kedua yakni dalam rangka pelayanan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu-PTM), berupa seperangkat alat pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat. Lalu ketiga yakni seperangkat alat kesehatan gigi dan mulut.

Ketiga alat kesehatan ini, merupakan upaya Pemkab Koltim melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), untuk memenuhi kecukupan alat atau bahan penunjang medis, dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan di Puskesmas Loea.

Olehnya, Sulwan Aboenawas mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kecamatan Loea, untuk terus menjaga dan meningkatkan kesehatan, serta menggalang kebersamaan dan berkomitmen melanjutkan pembangunan Koltim yang lebih sehat sejahtera.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada masyarakat selaku peserta yang telah hadir dalam kegiatan ini, demi untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan, sebagai wujud perhatian Pemkab Koltim.

Tak hanya itu, Pj. Bupati Koltim juga menyampaikan terima kasih kepada tim yang telah menyukseskan kegiatan hari ini, antara lain Camat Loea beserta jajarannya, para lurah dan kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang akan terus memberikan dukungan dalam pelaksanaan pembangunan di Koltim.

“Mari menggalang komitmen untuk koltim yang lebih sehat dan sejahtera. Tak lupa juga kepada unsur TNI, Polri, serta tenaga medis, terima kasih atas kerjasamanya selama ini, sehingga vaksinasi sudah mencapai angka 71,84 persen,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Barwik Siraik, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kebijakan jemput bola dari Pemkab Koltim dibawah komando Pj. Bupati Sulwan Aboenawas, agar pelayanan kepada masyarakat semakin maksimal.

Tenaga medis tidak lagi menunggu masyarakat datang berobat, namun turun langsung ke lapangan, melakukan pelayanan kesehatan kepada warga, khususnya untuk golongan kurang mampu.

“Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan upaya menjaga hubungan baik bersama masyarakat, sesuai dengan visi misi Pemkab Koltim,” jelasnya.

Senada dengan itu, Camat Loea, Ahmad Darwis, S.Sos dalam sambutannya, menegaskan bahwa pihaknya dari pemerintah tingkat kecamatan, siap dan bersedia untuk menyejahterakan masyarakat dan menjalankan seluruh program yang ada.

Ketgam. Pejabat Pemkab Koltim bersama Camat Loea dan jajarannya. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

Seluruh elemen di Kecamatan loea, termasuk Kades dan Lurah kata Ahmad Darwis, menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan kekeluargaan, menuju masyarakat sejahtera, sesuai tema kegiatan bakti sosial (Baksos) oleh pemerintah hari ini, demi kemajuan daerah yang dicintai.

“Kami segenap komponen bahwa kami dibawah arahan bupati, siap dan bersedia untuk menyejahterakan masyarakat dan menjalankan seluruh program yang ada,” ucapnya. (Adv).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *