Lomba Desa Tingkat Provinsi Sultra, Konawe Optimis Juara Pertama

  • Bagikan
Plt Kepala Dinas PMD Sultra, Laode Pali Awaludin didampingi Ketua PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani (kanan), Asisten III Seskab Konawe Taharuddin Saranani serta Kadis PMD Konawe Keniyuga Permana (kiri), Camat Padangguni, serta Danramil Unaaha, Letnan Satu Jumain.
Plt Kepala Dinas PMD Sultra, Laode Pali Awaludin didampingi Ketua PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani (kanan), Asisten III Seskab Konawe Taharuddin Saranani serta Kadis PMD Konawe Keniyuga Permana (kiri), Camat Padangguni, serta Danramil Unaaha, Letnan Satu Jumain.

UNAAHA, – Dalam rangka Penilaian lapangan (Klarifikasi Lapangan) Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tim Penilai lomba yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas PMD Sultra, Laode Pali Awaludin bersama tim Penilai mengunjungi Desa Padang Mekar Kecamatan Padangguni Kabupaten Konawe Senin (30/8/2021).

Kedatangan tim penilai didampingi Ketua PKK Kabupaten Konawe Titin Nurbaya Saranani, Asisten III Seskab Konawe Taharuddin Saranani, Kadis PMD Konawe Keniyuga Permana, dan Camat Padangguni Marwan Lahatamu.

Dalam arahannya, Plt Kepala Dinas PMD Sultra, Laode Pali Awaludin mengatakan, dalam lomba  ini ada 3 indikator penilaian, yakni Penilaian Berkas, paparan Kepala Desa dan penilaian lapangan sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Jadi yang dinilai itu tentang kewilayaan, kemasyarakatan, pemerintahan, dan keamanan, ini semua yang menjadi kategori penilaian,” kata Laode Pali Awaludin.

Plt Kepala Dinas PMD Sultra, Laode Pali Awaludin didampingi Ketua PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani (kanan) dan Asisten III Seskab Konawe Taharuddin Saranani serta Kadis PMD Konawe Keniyuga Permana (kanan).
Plt Kepala Dinas PMD Sultra, Laode Pali Awaludin didampingi Ketua PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani (kanan) dan Asisten III Seskab Konawe Taharuddin Saranani serta Kadis PMD Konawe Keniyuga Permana (kiri).

Yang sering menjadi kendala, kata Laode Pali Awaludin, adalah sistem informasi desa yang sudah harus berbasis internet. Khusus untuk Kabupaten Konawe sendiri seperti dipaparkan Kadis PMD Konawe, Desa Padang Mekar sudah menerapkan sistem informasi desa berbasis internet.

Adapun penilain tambahan yang jadi poin penting adalah posko penanganan Covid-19 mengingat kondisi pandemi saat ini. Terlebih dalam penggunaan dana desa juga dianggarkan sebesar delapan persen dari jumlah dana desa.

“Posko penanganan Covid-19 itu harus betul-betul dijalankan. Begitu juga dengan BUM-Desnya harus. Intinya untuk bisa juara harapan kita penuhi semua kriteria yang ditentukan oleh aturan,” ujar Laode Pali Awaludin.

Sementara itu, Asisten III Seskab Konawe Taharuddin Saranani yang menyampaikan arahan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, beberapa indikator penting dari Desa Padang Mekar sehingga layak menjadi juara adalah tingkat partisipasi dan swadaya masyarakat yang tinggi dalam membangun desa dan semangat gotong royong dalam membangun desa.

Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Desa Padang Mekar Kecamatan Padangguni Kabupaten Konawe Senin (30/8/2021).

Selanjutnya, tingkat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang baik terbukti dengan tingkat ekonomi masyarakat yang sejahtera karena Desa Padang Mekar yang ditopang dengan sumber daya alam.

“Selain itu, lomba desa pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerja sama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa, yang ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dibidang ekonomi, sosial budaya, sosial hidup yang mendukung lingkungan politik, serta terpeliharanya pembangunan berkelanjutan,” kata Kery.

Menurut Kery, keberhasilan yang diraih Desa Padang Mekar dalam lomba desa tingkat Kabupaten Konawe merupakan wujud keberhasilan pemerintahan desa beserta warga masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan desa, sarana dan pra sarana baik sarana desa, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi desa.

Oleh karenanya, Desa Padang Mekar Kecamatan Padangguni, dipandang layak untuk mewakili Kabupaten Konawe, dalam penilaian lomba desa tingkat Provinsi Sultra tahun 2021 dan menjadi juara. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *