KIM Hadir di Uluiwoi

  • Bagikan
Ketgam. Peluncuran KIM di Uluiwoi. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

KABARANOA.ID: KOLTIM – Pj. Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulwan Abunawas menghadiri sosialisasi sekaligus peluncuran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Kecamatan Uluiwoi, Minggu (5/12/2021).

Sulwan dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa pembentukan KIM ini sangat penting, karena inovasi di pedesaan dapat dikelola dalam bentuk informasi yang baik, kemudian diakses oleh masyarakat luas.

“KIM ini secara langsung mendukung pembangunan di pedesaan, karena dapat mengelola sistem informasi, olehnya KIM harus diberdayakan,” ucapnya.

Lanjut Sulwan Abunawas, KIM ini juga sebagai perwujudan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIB) dan Pasal 4 huruf b UU No. 23 tentang Pemerintah Daerah, dan PP Nomor 8 Tahun 2017.

Kehadiran KIM diharapkan dapat menciptakan ruang komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, terutama terkait penyaluran berbagai informasi teknologi, sosial, hingga budaya yang dapat dikembangkan di masyarakat, khususnya di Kecamatan Uluiwoi.

Keterbukaan informasi juga menjadi ruang untuk masyarakat menyampaikan aspirasi kepada pemerintah sebagai perwujudan demokrasi, namun tetap dengan penyampaian yang baik sehingga membawa manfaat untuk seluruh pihak.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim juga sangat mendukung pembentukan KIM, karena pengelolaan dana desa sangat penting untuk dipublikasikan, termasuk seluruh sumber dana, baik dari APBN, maupun APBD provinsi dan kabupaten.

“Transparansi harus dikedepankan jangan sampai informasinya keliru. Saya atas nama pemerintah daerah sangat mengharapkan KIM yang terbentuk dibekali ilmu jurnalistik, sehingga mampu mengaplikasikan dalam mengelola informasi yang ada,” ucap bupati.

Olehnya, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Koltim, harus mendorong agar KIM mampu menjadi sumber informasi terpercaya dan aktual, sehinggga mendorong berkembangnya motivasi dan inovasi masyarakat, agar ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

“Outputnya, terbentuknya masyarakat madani yang sehat, cerdas, mandiri, terampil, kreatif, inovatif, produktif dan berbudaya tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Koltim, I Nyoman Abdi, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa perolehan informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Ketinggalan informasi di zaman sekarang ini, sama dengan buta huruf di masa lalu. Jadi KIM sangat berperan dalam menyebarkan informasi, termasuk berbagai program kepentingan rakyat,” ucapnya.

Nyoman sapaan akrab Kadis Kominfo Koltim juga menerangkan, KIM merupakan komunitas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Perannya sangat strategis dalam menyebarluaskan informasi pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah.

“Saya harapkan KIM ini aktif dalam mengakses informasi kemudian menyebarkannya. Apalagi banyak informasi penting antara lain produk pertanian dan pangan kita yang sudah berlimpah, seperti beras, jagung, kakao, lada termasuk populasi ternak, belum lagi holtikultura,” ucapnya.

KIM ini kedepan masuk dalam pengadaan website untuk setiap desa yang terkoordinasi langsung dengan website Pemkab Koltim, dikelola langsung oleh Diskominfo dan Persandian. Seluruh informasi daerah dapat diakses oleh siapapun.

“Semoga KIM yang telah terbentuk ini, berfungsi sebagaimana tujuan pembentukannya yakni mempercepat mengakses informasi dibidang peningkatan sosial, ekonomi dan budaya di kabupaten Koltim ini,” tutup I Nyoman Abdi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *