Ketua PWI Sultra: Kode Etik Landasan Moral Jurnalis

  • Bagikan
Ketua PWI Sultra Sarjono (Antara), Sekretaris Mahdar Tayong (Rakyat Sultra), Wakil Ketua Bidang Organisasi Atto Raydi (RRI) dan Wakil Ketua Bidang Hukum Rudi Iskandar (Telisik) bersama Wartawan Konawe.Foto:Ist

KABARANOA.ID:KONAWE, – Wartawan elektronik dan media On line di Kabupaten Konawe mengikuti kegiatan Orientasi Keorganisasian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra yang diselenggarakan di Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (6/6/2024).

Orientasi PWI dihadiri langsung Ketua PWI Sultra Sarjono (Antara), bersama Sekretaris Mahdar Tayong (Rakyat Sultra), Wakil Ketua Bidang Organisasi Atto Raydi (RRI) dan Wakil Ketua Bidang Hukum Rudi Iskandar (Telisik).

Dikesempatan itu Ketua PWI Sultra Sarjono menyampaikan, kegiatan orientasi keorganisasian PWI ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan ideologi PWI kepada wartawan yang belum memiliki organisasi profesi seperti PWI, AJI, IJTI, dan Pewarta Foto.

Ketgam: Pj Bupati Konawe DR.H.Harmin Ramba, Ketua DPRD Konawe Ardin, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, Ketua PWI Sultra Sarjono (Antara), Sekretaris Mahdar Tayong (Rakyat Sultra), Wakil Ketua Bidang Organisasi Atto Raydi (RRI) dan Wakil Ketua Bidang Hukum Rudi Iskandar (Telisik) bersama Wartawan Konawe.Foto:Ist

“PWI pertama kali terbentuk pada tahun 1946 di Kota Solo, Jawa Tengah. Anggota PWI dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik senantiasa menjunjung tinggi moral dan etika. Kebebasan Pers merupakan keniscayaan namun kebebasan pers tetap mengedepankan etika dan tanggung jawab,” tegas Sarjono.

Wartawan senior Antaranews.com inipun menyampaikan agar wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik tetap mejalin kordinasi dan komunikasi yang baik kepada semua elemen, baik itu eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI – Polri dan lembaga atau organisasi lainnya.

“Kode etik jurnalistik merupakan landasan moral jurnalis untuk membuat berita yang dapat dipertanggungjawabkan didasarkan bagaimana pers menghormati seluruh hak setiap orang tanpa memandang siapa mereka,”lanjut Sarjono.

Ketgam:Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.IK saat menerima Plakat dari Ketua PWI Sultra Sartono.Foto:Ist

“Pilkada tahun ini memiliki resistensi yang cukup tinggi, saya berharap rekan-rekan wartawan bisa lebih bijak dalam memberitakan kegiatan politik, kita boleh bebas namun bebas yang bertanggung jawab,” tambahnya.

Ketua PWI Sultra 2 Periode ucapan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah kabupaten Konawe, DPRD Konawe, Polres Konawe dan segenap OPD Konawe yang telah mendukung terlaksananya kegiatan orientasi Keorganisasian PWI di Konawe.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, hal ini merupakan satu kehormatan dan satu kebanggaan bagi PWI Sultra sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,”pungkasnya.(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *