Genjot Populasi Sapi, Disnakeswan Konawe Lakukan Hal Ini

  • Bagikan
Ketgam : Kadis Diskeswan Konawe Jumrin

KABARANOA.ID:KONAWE – Selain dikenal dengan lumbung beras terbesar se-Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe terus berupaya menggali potensi lain untuk dapat dikembangkan, sala satunya mengembangkan populasi hewan ternak sapi.

Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe Jumrin mengatakan, untuk saat ini populasi hewan ternak sapi dari program Inseminasi Buatan (IB) sekitar 7 ribu yang tersebar dibeberapa daerah di Konawe.

“Target kita tahun ini sebanyak 15 ribu, dan semoga lebih meningkat lagi hingga akhir tahun ini,” ungkapnya, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut, kata Jumrin, untuk menggenjot realisasi dari target populasi sapi dengan program IB, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, terdiri dari penyedian bibit hijauan pakan ternak kepada para peternak sapi.

Menurutnya, jika tidak dilakukan hal tersebut, bisa jadi sewaktu – waktu peternak kita akan kesusahan dari segi pakan ternaknya, terlebih lagi sudah mulai jarang ditemukan lokasi untuk makan sapi karena sudah banyak lahan dijadikan pemukiman warga atau bisnis usaha.

Sehingga demikian, dengan adanya bibit pakan ternak itu, para peternak dapat memanfaatkan lahan kosong disekitar pemukimannya untuk ditanami bibit pakan tersebut dan tidak repot lagi mancari diluar.

“Dan sekarang sudah mulai nampak bibit pakan ternak yang dikelola para petani kita, sehingga memudahkan bagi mereka dari segi makan ternaknya,” Imbuhnya.

Selanjutnya, dari segi kesehatan dari ternak tersebut, pihaknya juga selalu memantau baik dari kebersihan kandangnya dan juga cara perawatan yang baik dari para peternak.

“Ini juga selalu kita bekap terus, tidak hanya dari pakannya melainkan kesehatan ternak sapi kita,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *