Fachry Konggoasa Bantu Bibit Kopi, Dukung Program Desa Kopi di Konawe

  • Bagikan
Anggota DPR RI Fachry Konggoasa saat menyerahkan bantuan bibit kopi ketua kelompok tani kopi Desa Puusangi Kecamatan Puriala. (Foto/kabaranoa.id)
Anggota DPR RI Fachry Konggoasa saat menyerahkan bantuan bibit kopi ketua kelompok tani kopi Desa Puusangi Kecamatan Puriala. (Foto/kabaranoa.id)

KABARANOA.ID: KONAWE – Antusias Anggota DPR RI Fachry Konggoasa mendukung dua desa di Kecamatan Puriala menjadi Desa Kopi di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara perlahan mulai ia wujudkan.

Adalah Desa Lalonggatu dan Desa Puusangi Kecamatan Puriala yang menggagas diri mereka untuk menjadi desa kopi. Gagasan itu ternyata mendapat respon positif dari Anggota Komisi IV DPR RI itu.

Sebagai bukti keseriusan dalam membantu masyarakat desa untuk mewujudkan gagasan mereka, Fachry Pahlevi Konggoasa langsung menyambangi warga petani kopi di Desa Lalonggatu, Sabtu (25/9/2021).

Dalam kunjungan tersebut Fachry mendapati informasi kalau di Desa Lalonggatu dan Desa Puusangi tengah mempersiapkan diri sebagai desanya kopi. Dalam artinya, warga dan pemerintah desa ingin menjadikan dua desa tersebut sebagai pusat penghasil kopi di Konawe bahkan Sultra.

Program Desa Kopi tersebut telah dimaksimalkan sejak dua tahun terakhir. Bahkan, pemerintah desa juga ikut menggelontorkan dana desa untuk pengadaan bibit kopi di sana.

Melihat geliat yang optimis itu, Fachry pun angkat topi. Begitu mendapat usulan proprosal warga, ia langsung menggunakan dana aspirasinya untuk menyalurkan bantuan bibit kopi ke dua desa tersebut.

Anggota DPR RI Fachry Konggoasa saat menyambangi dua desa di Kecamatan Puriala untuk menyerahkan bantuan bibit kopi kepada masyarakat. (Foto/kabaranoa.id)
Anggota DPR RI Fachry Konggoasa saat menyambangi dua desa di Kecamatan Puriala untuk menyerahkan bantuan bibit kopi kepada masyarakat. (Foto/kabaranoa.id)

Tak tanggung-tanggung, bantuan bibit kopi yang diberikan sebanyak 6 ribu pohon. Sebanyak 4 ribu pohon untuk Kelompok Tani Lomboki di Desa Lalonggatu dan 2 ribu pohon untuk Kelompok Tani Pundoho di Desa Puusangi.

Saat menyampaikan sambutannya, Fachry mengungkapkan, kehadirannya di tengah-tengah warga tiada lain hanya untuk memberi manfaat. Ia sendiri juga ingin mendengar langsung masukan warga terkait kebutuhan apa yang diharapkan untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

“Kita harapkan di sini bisa jadi pusat pertanian kopi. Kalau butuh alat dan pengadaan lainnya kita bantu, bahkan pendanaannya. Termasuk juga pemasarannya, kita bantu dengan harga terbaik,” terang Fachry kepada warga, pemerintah desa dan kecamatan.

Sementara itu, Camat Puriala, Lisain yang hadir di tempat kegiatan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Fachry. Ia menyebut, pemerintah kecamatan sangat getol mendukung pertanian kopi di dua desa tersebut.

“Saya sendiri juga petani kopi. Alhamdulillah, kopi yang saya tanam dua tahun lalu itu sangat bagus dan sudah belajar berbunga. Harapan kami, program ini bisa menjadikan Kecamatan Puriala sebagai icon kopi di Konawe,” pungkasnya.

Kegiatan penyerahan 6 ribu bibit kopi tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Konawe Dapil IV, Haryadi. Ia juga merupakan Ketua Fraksi PAN di DPRD Konawe. Ia juga turut andil dalam sejumlah program aspirasi dari Fachry, sebagai bagian terintegrasi program aspirasi dari sesama kader PAN di Konawe. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *