Enam Tugas Sulwan Abunawas, Jaga Ketentraman hingga Tanggulangi Covid-19 di Koltim

  • Bagikan
Ketgam. Sulwan Abunawas dilantik oleh Gubernur Sultra.Foto: Iwal Taniapa/Kabaranoa.id

KABARANOA.ID: KOLTIM – Sulwan Abunawas tampak gagah dengan setelan Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB) serba putihnya, di aula Merah Putih, Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin pagi (22/11/2021).

Ia berdiri tegap berhadapan langsung dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Sulwan disaksikan Wagub, Lukman Abunawas dan jajaran Forkopimda, mengucap sumpah kepada tuhan, tanda pelantikannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur (Koltim).

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pelantikan Pj. Bupati Koltim ini, merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 131.74-4969 Tahun 2021, tanggal 4 November 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Koltim, Provinsi Sultra.

“Berkenaan dengan itu, saya selaku pimpinan daerah Sultra dan secara pribadi, mengucapkan selamat atas pelantikan Saudara Ir. H. Sulwan Abunawas sebagai Pj Bupati Kolaka Timur,” ujarnya.

Dikatakan gubernur, masa jabatan Pj. Bupati Koltim paling lama satu tahun, terhitung sejak tanggal pelantikan, sebagaimana tertuang dalam diktum kelima surat keputusan.

Menanggalkan Jabatan Kadis Ketahanan Pangan Sultra untuk sementara, Sulwan pun diberikan deretan tugas barunya dalam memegang tongkat kepemimpinan tertinggi di Koltim. Amanah ini diberikan langsung oleh pemerintah pusat melalui Gubernur Sultra.

Tugas pertama, menjaga kondisi wilayah dan masyarakat agar senantiasa aman dan damai, serta tidak ada ganggunan ketenteraman masyarakat, pasca non aktifnya Bupati Koltim, Andi Merya Nur, akibat terjerat persoalan hukum.

Kedua, Pj. bupati harus menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan semua pemangku kepentingan dan elemen masyarakat di Koltim.

Ketiga, Sulwan harus memastikan seluruh penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat seperti kesehatan hingga administrasi kependudukan berjalan lancar.

Kelima, melakukan pembinaan kepada seluruh aparatur agar senantiasa bekerja secara profesional sebagai abdi negara, pemerintahan, dan masyarakat.

“Pastikan semua aparatur pemerintahan daerah yang saudara pimpin bekerja dalam hubungan yang harmonis dan saling mendukung untuk kelancaran tugas masing-masing, sebagai wujud sumbangsih dalam pembangunan daerah,” tambah gubernur.

Terakhir yang keenam, tugas Sulwan yakni mengawal dan memastikan kebijakan dan program pembangunan Koltim berjalan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, serta terharmonisasi dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Sultra hingga ke tingkat nasional, termasuk melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 di Koltim, agar berjalan baik.

Gubernur optimis, dengan bekal pengalaman memimpin organisasi birokrasi dan kepribadiannya yang baik, Sulwan mampu menjalankan tugas dan kewenangannya dengan penuh tanggung jawab.

“Saya yakin tugas ini tentu menjadi perhatian serius Pj. bupati dan benar-benar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, sampai dengan selesainya masa jabatannya,” pungkas Ali Mazi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *