Dikbud Konawe Gandeng KPU dalam Pemilihan Ketua OSIS

  • Bagikan
Ketgam : Dikbud Konawe bersama KPU usai penandatanganan MoU. Foto: Istimewa

KABARANOA.ID: KONAWE – Guna membangun demokrasi sejak dini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, bersinergi dalam kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Dinas Dikbud Konawe, Dr Suriyadi dan Ketua KPU Konawe, Muhammad Azwar, bertempat di salah satu Warkop, Kecamatan Unaaha belum lama ini.

Kepala Dikbud Konawe Suriyadi mengatakan, jika proses demokrasi disekolah dalam pemilihan ketua OSIS ada kesamaan dengan proses demokrasi dalam pemilihan umum, sehingga nantinya ini akan di desain mirip dalam tahapan Pemilu.

Olehnya itu, ia sangat mendukung program yang bakal dilakukan KPU dalam mengenalkan sistem demokrasi kepada pelajar melalui pemilihan Ketua OSIS.

“Ini seperti yang dilakukan oleh KPU Bantul memfasilitasi pemilihan ketua OSIS, dan rasa ini langkah baik dalam mengajarkan generasi muda kita dengan demokrasi,” ungkapnya.

Suryadi menambahkan, terobosan ini tentunya langkah yang baik. KPU bisa masuk ke sekolah dalam rangka pemilihan ketua OSIS. Karena proses dekmorasi di sekolah, sama dengan proses pemilu yang si lakukan oleh KPU.

“Nanti kami akan ada sekolah mana saja yang sudah habis masa kepengurusannya”, katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Konawe Andang Masnur menjelaskan, terkait pelaksanaan pemilihan OSIS secara serentak se-Konawe ini, terinspirasi saat beberapa waktu lalu, pihak KPU Bantul mendapat penghargaan dari presiden RI terkait program memfasilitasi pemilihan ketua OSIS.

“Pak Kadis Dikbud Konawe akan memfasilitasi kita dalam melakukan hal yang sama di tingkat SMP dulu di kabupaten Konawe. Kita akan menyelenggarakan pemilihan OSIS secara serentak di kabupaten Konawe, nanti akan ada dulu identifikasi di sekolah-sekolah yang belum melakukan pemilihan ketua OSIS,” pungkasnya. (Nur)

Penulis: NurEditor: Iwal Taniapa
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *