Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Konawe Digenangi Air

  • Bagikan
Ketgam. Salah satu rumah warga tampak digenangi air. Foto: Sarman. Kabaranoa.id

KABARANOA.ID: KONAWE – Intensitas hujan tinggi yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe sejak sepekan terakhir, menyebabkan beberapa rumah warga dan fasilitas umum digenangi air.

Salah satu wilayah di Konawe yang mulai merasakan dampak dari tingginya curah hujan yakni Kecamatan Puriala. Hal ini diketahui berdasarkan aduan warga, pada Selasa malam (11/5/2022).

Akibat hujan yang mengguyur di Puriala, menyebabkan Desa Tetewatu dan Puuhopa, air masuk ke pemukiman warga, bahkan merambah hingga ke fasilitas umum.

Kepala Desa (Kades) Tetewatu, Rahman menyebutkan, hujan mulai mengguyur sejak sore hingga malam hari. Kini di beberapa tempat, tinggi air mencapai pinggang orang dewasa.

“Air mulai naik sejak jam 9 malam dan mulai surut Jam 2 subuh hingga pagi hari,” ungkap Rahman.

Lanjut Ramang, tingginya debit air ini, disebabkan meluapnya sejumlah anak sungai yang melintas di dua desa tersebut. Drainase di sepanjang desa pun tidak mampu membuang air ke sungai sehingga meluber ke rumah warga.

“Di Desa Tetewatu, tercatat ada lima rumah warga terendam banjir. Tak hanya itu, fasilitas umum juga ikut terendam yakni Balai Kompleks Kantor Desa, Gedung Paud, Gedung Poskesdes, masjid, serta gereja,” ujarnya.

Kades mewakili masyarakat, berharap adanya normalisasi sungai yang terputus. Hal ini demi mengantisipasi terjadinya luapan air sungai di kemudian hari.

“Kalau untuk solusi agar air tidak meluap lagi, tinggal adanya sambungan normalisasi kali dari batas Desa Tetewatu ke desa Puuhopa,” terang Kades Tetewatu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *