Bupati Koltim Perkuat Penanganan Covid-19 hingga ke Desa dan Kelurahan

  • Bagikan
Foto: Iwal/Kabaranoa.id Ketgam. Suasana rapat penanganan Covid-19, diikuti Kades dan lurah se Koltim.
Foto: Iwal/Kabaranoa.id Ketgam. Suasana rapat penanganan Covid-19, diikuti Kades dan lurah se Koltim.

KOLAKA TIMUR – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya Nur bersama Sekda, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Puskesmas, seluruh Camat, Kades, dan Lurah se Koltim mengikuti rapat penanganan pandemi Covid-19, di Aula Pemda Kolaka Timur, Selasa (3/8).

Kegiatan dilangsungkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sebelum masuk ruangan, seluruh peserta rapat diwajibkan mencuci tangan dengan sabun yang sudah disediakan oleh panitia, termasuk hand sanitizer disiapkan di dalam aula.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Pemda Koltim dalam penanganan Covid-19 cukup banyak menyediakan anggaran kesehatan, termasuk upaya ketahanan pangan, ekonomi, dan sosial. Koltim juga mendapat bantuan dari gugus tugas Provinsi Sultra.

Pemda juga sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menangani penyebaran Covid 19, diantaranya gencar melakukan percepatan vaksinasi kepada berbagai sasaran, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

“Pelaksanaan vaksinasi dan jumlah sasaran adalah 95.172 jiwa, tapi hingga saat ini baru 19% yang telah melaksanakan vaksin dosis 1 dan 7.484 jiwa dosis 2,” paparnya.

Foto: Iwal/Kabaranoa.id Ketgam. Suasana rapat penanganan Covid-19, diikuti Kades dan lurah se Koltim.
Foto: Iwal/Kabaranoa.id
Ketgam. Suasana rapat penanganan Covid-19, diikuti Kades dan lurah se Koltim.

Dijelaskan Andi Merya, rendahnya capaian itu karena terbatasnya ketersediaan vaksin. Ia pun mengarahkan kepada petugas medis agar intens dalam menemukan kasus baru dengan cara melakukan tes antigen dan pcr sebanyak-banyaknya kepada pejabat dan masyarakat.

“Kepada seluruh Camat, Kades dan lurah agar menyampaikan ke masyarakat untuk mengurangi mobilitas kegiatan di luar rumah, kecuali untuk hal-hal yang penting, apalagi akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan kasus positif corona yang cukup signifikan,” terang mantan Wakil Ketua DPRD Koltim ini.

Bupati juga menyampaikan agar seluruh Kades dapat memaksimalkan penggunaan Dana Desa untuk penanggulangan Covid-19. Selain itu, sosialisasi protokol kesehatan supaya ditingkatkan, sehingga masyarakat lebih disiplin lagi.

“Terakhir dan tak kalah pentingnya, untuk wilayah desa agar membangun pos jaga. Lalu untuk desa yang mempunyai kasus positif Covid-19, agar menyiapkan tempat isolasi mandiri, petugas medis juga wajib siaga. Semoga usaha kita ini membuahkan hasil,” tutup bupati. (Iw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *