Bersihkan Kompleks Makam Raja Lakidende, Banderano Tolaki Ajak Seluruh Elemen Cinta Budaya

  • Bagikan
Ketgam. Banderano Tolaki di depan Makam Raja Lakidende. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

KABARANOA.ID: KONAWE – Massa berbaju seragam hitam yang tergabung dalam organisasi masyarakat Banderano Tolaki, menyambangi makam Raja Lakidende, di Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Kamis (27/1/2022).

Kedatangan Banderano Tolaki ini, dalam rangka menggelar bakti sosial (Baksos), membersihkan kompleks makam yang menjadi tempat sakral bagi masyarakat ini.

Pantauan Kabaranao.id, puluhan orang ini kompak berbagi tugas. Beberapa terlihat membabat rumput dengan parang dan mesin pemotong, lalu ada yang menyapu daun kering.

Peserta Baksos saat mengumpul sampah. Foto: Iwal/Kabaranoa.id.

Kemudian anggota lainnya terlihat mengumpulkan sampah di satu tempat, lalu dibakar. Usai Baksos, kompleks makam terlihat bersih.

Ketua Banderano Tolaki, Ayub Meronda, saat diwawancarai awak media, Kamis (27/1/2022), mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai agenda awal tahun, dalam rangkaian pelestarian nilai-nilai budaya.

Tidak terawatnya Makam Raja Lakidende sebagai salah satu situs budaya terbesar, menjadi bukti kecintaan seluruh elemen masyarakat yang minim terhadap nilai budaya Suku Tolaki.

“Cagar budaya di Konawe ini seakan-akan mati, beda dengan cagar di wilayah lain yang terawat dan selalu disambangi masyarakat,” ucapnya.

Ayub berharap kepada masyarakat agar lebih meningkatkan rasa cintanya kepada budaya Tolaki. Salah satunya dengan bersama merawat situs-situs sejarah yang ada di Konawe.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, agar segera melakukan perbaikan terhadap Makam Raja Lakidende, utamanya pagar yang sudah rusak.

“Seharusnya dari tahun-tahun sebelumnya,  bisa direalisasi pemugaran makam ini. Kenapa kegiatan lain bisa dilakukan, lalu ini tidak. Ini kan cagar budaya, seharusnya menjadi prioritas juga oleh pemerintah,” kata Ayub.

Penulis: Iwal Editor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *